BUKU “Biodiversitas Genetik, Spesies dan Ekosistem Mangrove di Jawa (Petunjuk Praktikum Biodiversitas; Studi Kasus Mangrove)”

BUKU “Biodiversitas Genetik, Spesies dan Ekosistem Mangrove di Jawa

(Petunjuk Praktikum Biodiversitas; Studi Kasus Mangrove)”

Penulis:

Ahmad Dwi Setyawan, S.Si.

Ari Susilowati, M.Si.

Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.

© 2002 Jurusan Biologi FMIPA UNS Surakarta

DOWNLOAD : klik link dibawah ini.........(afien_4r/BITS05)

http://www.4shared.com/file/115065177/3575f7ab/BOTANI_MANGROVE-Petunjuk-Praktikum-Biodiversitas-Mangrove.html

botani mangrove (Biodiversitas genetik spesies dan ekosistem  mangrove di jawa)

Buku BIODIVERSITAS GENETIK, SPESIES DAN EKOSISTEM MANGROVE DI JAWA PETUNJUK PRAKTIKUM BIODIVERSITAS, STUDI KASUS EKOSISTEM MANGROVE ini berbeda dengan dua buku petunjuk praktikum biodiversitas sebelumnya yang dilaksanakan di lereng Gunung Lawu, yaitu PETUNJUK PRAKTIKUM BIODIVERSITAS, STUDI KASUS RPH NGLERAK GUNUNG LAWU (2001) dan PETUNJUK PRAKTIKUM BIODIVERSITAS, STUDI KASUS JOBOLARANGAN (2000).

Dalam praktikum ini aras biodiversitas genetik, spesies dan ekosistem dicoba untuk digabungkan, sehingga mahasiswa dapat memahami materi biodiversitas secara utuh. Berbeda dengan dua praktikum sebelumnya yang hanya mencakup aras spesies dan ekosistem. Aras genetik didekati melalui teknik isozim. Mengingat kompleksnya ekosistem mangrove maka praktikum hanya ditujukan pada tumbuhan (mayor, minor, asosiasi), sedangkan hewan dan mikrobia tidak dipraktikumkan dalam acara ini.

Buku panduan ini terdiri dari empat bagian yaitu: pertama: kajian teoritis kondisi fisik, kimia, dan biotik kawasan mangrove, kedua: kajian teoritis biodiversitas pada aras genetik, spesies dan ekosistem yang dipraktikumkan; ketiga: petunjuk praktis cara melaksanakan praktikum, serta keempat: lampiran yang terkait dengan pelaksanaan praktikum, termasuk Panduan Identifikasi Mangrove Mayor dan Minor di Jawa.

0 komentar:

Posting Komentar